RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD 101886 KIRI HILIR TANJUNG MORAWA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran : 6
Tema : Ayo Belajar
Subtema : Semangat Belajar Nabi Idris a.s
Kelas/Semester : I/2
AlokasiWaktu : 4 x 35 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Idrīs a.s.
2.14 Menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
C. Indikator PencapaianKompetensi
1.14.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Idrīs a.s.
2.14.1 Menunjukkan sikap semangat.
2.14.2 Menunjukkan sikap rajin belajar.
3.14.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14.2 Menjelaskan sikap semangat dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14.3 Menjelaskan sikap rajin belajar dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
4.14.1 Menceritakan sikap terpuji Nabi Nabi Idrīs a.s.
4.14.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Idrīs a.s.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
1. Meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.
2. Menunjukkan dan menjelaskan sikap semangat, dan sikap rajin belajar dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3. Menyebutkan sikap terpuji Nabi Idris a.s
4. Menjelaskan sikap semangat Nabi Idris a.s
5. Menjelaskan sikap rajin belajar dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
6. Menceritakan sikap terpuji Nabi Idris a.s.
7. Menceritakan kisah singkat Nabi Idris a.s
E. Materi Pembelajaran
1. Kisah Nabi Idris a.s
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :Sientifik, picture and picture
2. Metode :
a) Observasi
b) Diskusi
c) Presentasi
d) Demontrasi
G. Media Pembelajaran
- Gambar mewarnai berkaitan dengan materi rajin belajar
- Video tentang kisah Nabi Idris a.s
- Potongan-potongan gambar tentang materi
H. Sumber Belajar
1. Buku Cerita para nabi dan rasul
2. Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas I
3. Lingkungan sekitar
I. Langkah-langkah Pembelajaran
No. Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
Artinya:“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.
2. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (al-Kautsar)
3. Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Guru menyapa peserta didik
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6. Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
7. Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
8. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
10
menit
2.
Kegiatan Inti
• Mengamati
1. Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan isi gambar.
• Menanya
1. Siswa dimotivasi guru untuk bertanya kenapa nabi Idris pandai.
2. Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Nabi Ādam a.s.
• Mengekplorasi/menalar.
1. Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
2. Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya, kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
3. Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi Idrīs a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap rajin belajar Nabi Idrīs a.s. sehingga Ia jadi pandai.
• Mengasosiasi/mencoba
1. Siswa berlatih melafalkan Alaihis Salam artinya Keselamatan baginya, kalimat tersebut diucapkan setelah nama semua nabi di ucapkan kecuali Nabi Muhammad.
2. Siswa diajak untuk mengulang kembali kisah Nabi Idris a. s
3. Siswa mewarnai gambar tentang sifat rajin belajar.
• Komunikasi/demonstrasi/Networking
1. Siswa mampu mendemontrasikan di depan guru tentang kisah nabi Idris a.s
2. Peserta didik perwakilan mengemukakan pemahamannya tentang perilaku prilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf dari nabi Idris a.s.
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing oleh guru.
120
menit
3.
• Penutup
1. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
2. Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik untuk menguasai materi;
3. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4. Membaca do’a penutupan “Alhamdulilah”
Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
10
Menit
J. Penilaian
1. Aspek Sikap
A. Aspek kognitif
Contoh soal:
1. Sebutkan sifat terpuji Nabi Idris a.s. ....
2. Nabi Idris a.s. sejak kecil rajin ....
3. Nabi Idris a.s. Nabi yang pandai karena ....
4. Rajin belajar adalah anjuran dalam ....
5. Coba ceritakan kisah teladan Nabi Idris a.s.!
Penskoran
Benar dan lengkap = 100
Benar dengan 1 jawaban = 10
Tidak menjawab/salah = 0
Nilai akhir = (Perolehan nilai x 100)/ Jumlah skor
Kunci jawaban:
1. rajin belajar
2. taat kepada Allah
3. rajin belajar
4. ajaran Islam
5. (jawaban dikembangkan guru)
Format penilaian
No
Nama
Nilai
1
Najwa
2
Raffa
3
Dst..
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP
Tanjung Morawa, Januari 2019
Guru PAI
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar