Kamis, 24 Januari 2019

RPP Kelas V Semester Genap PAI SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Nama Sekolah : SD INPRES 95/96 BANGUN REJO

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Pelajaran : 6

Tema : Mari Belajar al-Qur’an Surah al-Maa’uun

Subtema : Membaca Surah al-Maa’un

Kelas/Semester : V/2

AlokasiWaktu : 4 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)

KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.




B. Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.

2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dan pemahaman
dari Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin.

3.1 Memahami makna Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin dengan benar.

4.1.1 Membaca Q.S. al-Maa’μn dan Q.S.at- Tiin dengan tartil.

4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin dengan baik dan
benar

4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin dengan baik dan benar.



C. Indikator PencapaianKompetensi

1. Siswa mampu membaca Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin dengan tartil.

2. Siswa mampu menulis kalimat Q.S. al-Ma’uan dan Q.S.at- Tiin.

3. Siswa mampu menghafalkan Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at- Tiin.

4. Siswa mengetahui makna surah al-Maa’un.

5. Siswa mampu bersikap kerjasama dan peduli serta mencontohkanya.



D. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Membaca Q.S. al-Maa’un dengan tartil.



E. Materi Pembelajaran

Q.S. al-Maa’un

F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan :Sientifik, Compose Card

2. Metode :

a) Diskusi

b) Demontrasi

c) Ceramah





G. Media Pembelajaran

1. Rekaman suara tentang bacaan Surat Alma”un

2. Potongan-potongan kertas berisi kata-kata per ayat



H. Sumber Belajar

1. Al-qur’an dan terjemahan

2. Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas V

3. Lingkungan sekitar

4. HandPhone





I. Langkah-langkah Pembelajaran


No.

Kegiatan

Waktu


1.

Pendahuluan

1. Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:

“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.

“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.

2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah.

3. Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.

4. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema belajar membaca Q.S. al-Maa’un.

5. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;

6. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran





10

menit


2.

1. Siswa membaca surah al ma’un secara klasikal beberapa kali

2. Siswa secara bergantian membaca surah al ma’un di depan kelas

3. Siswa mencatat surah alma’un di buku lengkap dengan arti kata dibawah ayat

4. Siswa bersama guru memahami makna ayat melalui arti kata

5. Siswa menghafal surah alma’un

6. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok

7. Siswa diminta untuk menyusun potongan kartu sehingga menjadi satu surah yang lengkap

8. Siswa memprsentasikan hasil kerja kelompoknya



120

menit


3.

• Penutup

1. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

2. Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

3. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-Tiin di rumah.

4. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5. Membaca do’a penutupan majelis taklim (Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik)

Artinya :
Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji Mu, aku bersaksi bahwa tiada Illah kecuali Engkau, aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu





10

Menit




J. Penilaian Hasil Belajar

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.



Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu membaca Q.S. al-Maa’un.

Rubrik Penilaian Membaca



Keterangan:

Sangat Lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar.

Lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat.

Cukup : Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.

Kurang : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna.


















Mengetahui,

Kepala Sekolah











USMAN S. Pd

NIP. 196712261990072001

Medan,



Guru Mata Pelajaran PAI











WAHIDAH AKMAL M. PdI

NIP. 197511042009032005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 BUDAYA POSITIF Sekolah adalah tempat untuk merencanakan, melaksanakan dan mengolah berbagai aspek yang ada pada peserta didik.  bukan hanya...